logo blog
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu

Tips Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu, bagi teman-teman yang sudah kenal ulat bulu pasti akan menghindari hewan ini, karena dapat menyebabkan gatal dan alergi. Untuk itu artikel yang sedang anda baca ini berisikan cara menghilangkan gatal akibat ulat bulu tentu akan sangat bermanfaat bagi anda yang tidak sengaja terkena ulat bulu sehingga mengalami gatal. Cara yang digunakan untuk menghilangkan gatalnya pun sangat simpel dan sederhana sehingga mudah sekali untuk dilakukan.

Ulat bulu adalah hewan kecil yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya, bisa anda lihat pada gambar di atas. Nah, pada setiap bulunya ini memiliki racun yang akan menyebabkan gatal sebagai alat pertahanan dirinya dari predator, jadi jangan coba-coba untuk mengganggu hewan ini, atau rasakan akibatnya.

Nah bagi teman-teman yang terlanjur bersentuhan dengan hewan ini dan mulai merasakan gatal, berikut ini saya mempunyai tips untuk menghilangkan gatalnya. Sedangkan bagi teman-teman yang belum merasakannya cara ini untuk jaga-jaga saja siapa tau suatu saat anda mengalaminya. Baiklah tanpa panjang lebar lagi, silahkan baca tips berikut ini.

Tips Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu


1. Hilangkan Bulu Yang Menempel
Cara menghilangkan dan menyembuhkan gatal akibat ulat bulu pengganggu
Picture by Google
Untuk menghilangkan bulu ulat bulu yang menempel pada kulit kita bisa menggunakan kertas, selotip, di sisir pakai pisau (hati-hati ya), atau secara alami seperti halnya kita menghilangkan duri bambu yaitu di gosok-gosokkan ke rambut. Langkah ini harus dilakukan secepatnya sebelum racun dari bulu ulat bulu menyebar ke bagian lain.

2. Cuci Dengan Air Bersih Mengalir
Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun ulat bulu yang tertinggal pada kulit kita serta hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di kulit kita sehingga mencegah terjadinya infeksi.

3. Garam
Garam dapat dimanfaatkan untuk mengusir ular dan kelabang serta dapat membantu melepaskan gigitan pacet dan lintah. Namun ternyata garam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gatal akibat ulat bulu. Struktur garam yang kasar dapat menghilangkan bulu-bulu ulat bulu yang tertinggal serta dapat menghilangkan racun ulat bulu yang tersisa. Caranya cukup gosokkan garam ke bagian yang gatal terkena ulat bulu selama 3-5 menit.

4. Jangan digaruk
Dengan menggaruk bagian yang gatal akan membuat racun ulat bulu menyebar, anda pasti mengalami kan benjol akibat gigitan nyamuk akan semakin besar kalau di garuk, hal ini juga berlaku bagi gatal akibat ulat bulu. Selain itu garukan yang kita lakukan dapat menyebabkan kulit kita terluka dan beresiko terjadinya infeksi. Sebaiknya tahanlah diri anda untuk tidak menggaruknya.

5. Daun Sirih
Daun sirih terkenal sebagai obat-obatan tradisional dan sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita. Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut dan nyamuk namun juga dapat menghilangkan gatal akibat ulat bulu. Untuk menghilangkan gatal akibat terkena ulat bulu cukup anda petik daun 4-5 lembar daun sirih yang agak muda. Kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian tumbuklah hingga halus tau jika anda terburu-buru bisa dengan melumatnya dengan tangan sampai lumat, teteskanlah sedikit air untuk mengeluarkan zat yang terkandung dalam daun sirih. Bila sudah lumat segera tempelkan ke bagian yang gatal akibat terkena ulat bulu.

6. Es Batu
Es batu sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri salah satunya adalah untuk mengobati keseleo. Nah selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan bengkak akibat terkena ulat bulu, dengan suhu es yang rendah akan membuat racun ulat bulu membeku dan menghentikan penyebarannya. Lakukan pengompresan dengan es 5-10 menit sekali, lakukan terus menerus sampai bengkaknya mulai mengempis.

7. Getah Labu
Ada orang yang bilang menggunakan getah labuh. Ambillah batang labu, gunakan kertas untuk memegangnya agar anda tidak terkena bulunya. Tekan batang labu sampai keluar getah, kemudian oleskan ke bagian yang gatal akibat ulat bulu. Benar atau tidaknya cara ini tapi patut di coba, karena banyak sekali cara-cara tradisional yang kita anggap sepele namun ternyata berkhasiat.

8. Pergi Ke Dokter Atau Bidan
Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil dan bengkak dan rasa gatalnya tidak mau berkurang, ini mengindikasikan adanya alergi. Ada baiknya anda segera pergi ke dokter atau bidan agar alergi akibat racun ulat bulunya tidak bertambah parah.

Bagaimana sobat sekalian, sangat mudah bukan? semoga artikel Tips Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu anda menghilangkan gatal akibat terkena ulat bulu. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Melepaskan Gigitan Lintah Penghisap Darah. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan takut untuk bermimpi.

9. Kunyit
Untuk menghilangkan gatal akibat ulat bulu bisa menggunakan kunyit. Parutlah beberapa bongkol kunyit atau jika anda tidak mempunyai parutan cukup dengan menumbuknya sampai lumat. Kemudian campurlah dengan kapur sirih. Selanjutnya tinggal anda tempelkan campuran kunyit dan kapur daun sirih ke area yang gatal akibat ulat bulu.

Update :

10. Sambiloto
Info ini saya dapat dari teman saya Ali Murtadlo yang berkomentar di artikel ini, makasih gan. Untuk menghilangkan gatal akibat ulat bulu bisa menggunakan daun sambiloto. Setelah saya konfirmasi ke ibu saya ternyata memang benar bisa digunakan untuk menghilangkan gatal. Caranya cukup dengan menghaluskan daun sambiloto cukup menggunakan tangan, kemudian gosokkan ke bagian tubuh yang gatal akibat ulat bulu. Insya Allah 5 menit kemudian gatal akibat ulat bulunya akan hilang.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 comments

Makasih banyak tuk tipsnya sangat membantu sekali nih.

Balas

sama-sama gan, makasih juga udah berkunjung dan baca artikel "Tips Cara Menghilangkan Gatal Akibat Ulat Bulu" di blog saya..

Balas

aku coba pake garam deh semoga jitu, makasih tipsnya gan..

Balas

makasih juga buat kunjungannya.. selamat mencoba ya gan..

Balas

8 tips ini sangat bagus terutama yg no 7. yaitu getah labu sangat ampuh untuk menghentikan gigitannya.

Balas

kededar tambahan tuk agan. gunakan daun sambiloto, gosokkan pada kulit yang terkena racun ulat bulu. Insya Allah gatal2nya akan hilang g sampai 5 menit

Balas

iya gan, semoga bisa bermanfaat buat temen-temen semua..

Balas

wah, info tambahan yang sangat bermanfaat agan Ali, insya Allah akan saya tambahkan pada artikel di atas dan semoga informasinya bisa bermanfaat buat temen-temen semua..

Balas

Sangat bermanfaat sekali, barusan kena ulet bulu yg masuk ke rmh saat tidur.
Terima kasih infonya

Balas

iya sama-sama gan, semoga infonya bermanfaat..

Balas

Kalo udah 3 hari kena bulu nya, udah mandi jg tp masih gatel2 cara penyembuhannya pake yg mana yaa? Mohon infonya yaaa, thanks

Balas

coba aja yang pake kunyit atau sambiloto, insya Allah ampuh gan..

Balas

pake cairan nuklir gan, dijamnin MUSANAH :D

Balas

hahaha, bisa aja nih agan, bisa2 kitanya juga ikutan lenyap gan.. :D

Balas

Daun sambiloto itu apa? Jadi penasaran :/

Balas

searching aja di google gan... :) maaf ya saya ga kasih foto... itu buah sambilotonya kecil panjang berwarna coklat kehitaman kalasu sudah tua.. kalaau masih mudanya berwarna hijau... sambiloto ini memang dikenal bisa mengatasi gatal mb.. ga hanya gatas akibat ulat bulu saja.. :)

Balas

Tetangga ane gan ada yang kena ulat bulu hingga bengkak, dan sembuh setelah 9 bulan. Wk......

Balas

walah.. kok bisa gutu ya gan... pasti ada faktor penyebab lainnya.. kalo gatal dari ulat bulu biasanya ga sampai selama itu deh..

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah