logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Cepat Mengatasi Kesemutan Tanpa Obat

Tips Cara Cepat Mengatasi Kesemutan Tanpa Obat, kesemutan merupakan sakit yang cukup sering kita alami terutama orang yang memiliki kebiasaan tidur miring ataupun suka duduk dalam posisi yang lama. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara cepat mengatasi kesemutan tanpa obat. Semoga informasi mengenai cara mengatasi kesemutan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Kesemutan biasanya terjadi karena terhimpitnya pembuluh darah yang menyebabkan tidak adanya aliran darah ke bagian tertentu tubuh kita, biasanya pada kaki dan tangan. Rasa yang ditimbulkan oleh kesemutan ini cukup menyiksa, seperti dikerumuni ribuan semut dengan rasa yang menusuk-nusuk dan rasanya akan meningkat saat kita sentuh atau saat kita memindahkan posisi anggota badan kita yang kesemutan.

Nah sobat sekalian bagi anda yang pekerjaan di dalam ruangan dan mengharuskan anda duduk terlalu lama, sebaiknya anda menyempatkan waktu untuk berdiri atau berjalan sejenak. Bagi anda yang suka tidur miring sebaiknya anda juga mengubah kebiasaan anda karena rentan terkena kesemutan. Sedangkan untuk mengatasi kesemutan yang anda alami secara cepat, anda bisa mencoba cara cepat mengatasi kesemutan tanpa obat berikut ini.

Cara Mengatasi Kesemutan


Kesemutan Pada Tangan

Cara Cepat Menghilangkan kesemutan tanpa obat
Picture by Google
Kesemutan pada tangan terjadi karena adanya hambatan pada aliran darah yang mengalir ke syaraf-syaraf pada tangan. Biasanya terjadi atau kita alami saat kita sedang tidur karena kita tidak menyadari saat kita menghimpit atau menindih tangan terlalu lama. Bisa juga terjadi saat kita menonton TV sambil tiduran miring dan menopang kepala kita dengan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasinya

1. Posisikan tangan anda pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan anda.

3. Jika terjadi kesemutan pada tangan kanan maka jentiklah dengan sekuat tenaga jempol kaki kiri anda.

4. Dengan cara ini kesemutan yang anda rasakan seperti rasa tertusuk-tusuk apa lagi saat posisi tangan dipindahkan akan hilang, yang tertinggal hanyalah rasa kebas dan itu rasanya tidak menyiksa.

5. Cukup diamkan sampai aliran darah normal kembali dan rasa kebasnya berangsur menghilang.

Kesemutan Pada Kaki

Kesemutan pada kaki biasanya terjadi saat kita duduk bersila terlalu lama, atau juga bisa terjadi saat kita duduk dalam posisi yang salah terlalu lama sehingga pembuluh darah terhimpit dan menyebabkan terhambatnya aliran darah ke syaraf pada kaki.

Cara Mengatasinya:

1. Posisikan kaki pada posisi yang nyaman.

2. Jika kesemutan terjadi pada kaki kanan maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kiri anda.

3. Jika kaki yang kesemutan adalah kaki kiri anda maka jentiklah sekuat tenaga jempol tangan kanan anda.

4. Setelah melakukan hal itu insya Allah rasa kesemutan seperti tertusuk-tusuk jarumnya akan hilang dan hanya tertinggal rasa kebas.

5. Diamkan beberapa saat sampai aliran darah kembali normal dan rasa kebas pun akan berangsur menghilang.

Namun untuk kesemutan biasa yang disebabkan karena gangguan fungsi pada syaraf bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin tersebut akan membantu memperbaiki fungsi-fungsi syaraf dan membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Update

Cara Mengatasi Kesemutan Terbaru

Cara untuk mengatasi kesemutan ini sebenarnya saya temukan secara tidak sengaja. Kebetulan waktu itu saat saya bangun tidur, lengan saya mengalami kesemutan akibat salah posisi saat tidur. Tanpa sengaja saya menjulurkan tangan saya yang kesemutan ke atas. Perlahan-lahan saya merasakan aliran darah dari atas ke bawah dan itu tanpa rasa kesemutan yang berarti. Tidak lama kemudian saya mencoba menggerak-gerakkan tangan saya dan alhamdulillah kesemutannya hilang. 

Karena merasa belum yakin, akhirnya saya ber eksperimen lagi, kebetulan waktu itu kaki saya yang salah posisi saat tidur. Saya perlakukan kaki saya seperti apa yang pernah saya lakukan pada tangan saya. Dan alhamdulillah ternyata hasilnya sama, kesemutannya hilang dengan cepat dan rasa kesemutannya pun tidak terlalu berarti. Hal ini terjadi mungkin karena pengaruh gravitasi sehingga darah yang terperangkap di tangan atau di kaki akibat salah posisi bisa kembali ke peredaran dengan cepat.

Bagi anda yang intensitas kesemutannya makin tinggi, semakin lama semakin sering dan semakin barat, serta bidang cakupannya semakin luas sebaiknya anda segera memeriksakan kesemutan yang anda alami ke dokter karena dikhawatirkan kesemutan yang anda alami merupakan gejala dari penyakit yang cukup serius.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara untuk mengatasi kesemutan. Semoga Tips Cara Cepat Mengatasi Kesemutan Tanpa Obat pada artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara mengatasi kejang-kejang pada anak. Terima kasih atas kunjungan anda dan perbanyaklah ibadah di bulan Ramadhan ini.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 comments

Untuk mengatasi bangun tidur kesemutan adalah mengganti kasur Anda dengan kasur yang lebih baik mensupport badan Anda, seperti kasur latex, memory foam atau kasur dengan per pocket. Semua kasur yg bagus harusnya dapat menopang kita tidur tapi tidak membuat badan nyeri atau kesemutan ketika bangun dari tidur.

Balas

Iya gan bener juga tuh.. thanks buat infonya gan.. ^^

Balas

saya juga sering kesemutan tuh kalau lbangun tidur

Balas

iya gan.. biasanya kesemutan pas bangun tidur biasanya karena salah posisi waktu tidurnya.. :)

Balas

Thank you gan atas tips nya,
ntr malam mau di coba dulu, soalnya tiap malam kebangun terus gara-gara tangan kesemutan

Balas

oooh di coba aja gan.. insya Allah manjur.. :)

Balas

Aq sering kesemutan pd tangan waktu saya mengendarai motor,motor aq metic,bagaimana cara mengatasi?

Balas

Tangannya jangan terlalu tegang mb.. bisa juga coba diganti posisi duduknya biar ga kesemutan.. kalo tadinya duduk agak majuan, coba ganti jadi duduk agak munduran dikit,,, biasanya yang bikin kesemutan itu karena jalanan yang belobang.. Sudah itu dicoba lakukan pemijatan pada lengannya siapa tahu ada aliran darah yang tidak lancar.. semoga bisa membantu.. :)

Balas

pernah dengar diikat pakai karet gelang mas, katanya bisa sembuh

Balas

siip.. makasih buat tambahannya pak oyo.. semoga bisa dipakai buat mengatasi kesemutan.. :)

Balas

menambah ilmu baru nih disini, saya juga kadang-kadang suka kesemutan mas, nanti saya coba cara di atas, makasih mas :)

Balas

Dicoba aja gan.. insya Allah bisa mengatasi kesemutan.. :)

Balas

Saya mengalami kesemutan dari siku ke telapak tangan dan dari lutut ke telapak kaki sudah berlangsung beberapa bulan terakhir ini dan belum hilang hingga sekarang, saya sudah ke dokter umum, dokter jantung dan dokter syaraf katanya tidak ada malah tetapi hal ini sangat mengganggu, ada saran ??? terima kasih sebelumnya.

Balas

Coba lakukan pemijatan atau sering mandi air hangat gan. Kesemutan biasanya karena peredaran darah kurang lancar. Semoga dengan cara ini dapat menghilabgkan kesemutan yang agan alami.. aamin

Balas

aku sering kesemutan saat bangun tidur itu cuma akhir-akhir ini gan, semenjak aku kuliah... apa ada hubungannya ya sama makanan? soalnya semenjak aku kuliah aku jarang makan sayur yang berkuah, ikan laut, dan buah.

Balas

Ga ada gan. soalnya masalah kesemutan pas bangun itu umumnya karena salah posisi saat tidur aja. Coba deh agan perbaiki posisi tidurnya biar ga ada bagian tubuh yang terhimpit. Semoga bisa membantu :)

Balas

kedua tanganQu sering kesemutan & mati rasa.., memegang sesuatu sebentar saja bisa kesemutan.. Malam sebelum tidur,, tengah malam & bangun tidur pun juga kesemutan.. Dan bahkan pegang HP buat mengetik juga sering kesemutan.. Ini saya alami sudah berbulan2,, apakah saya terkena penyakit yg serius??? Dan gimana cara mengatasi & mengobatinya.. Makasih sebelumnya.

Balas

Kalau saran saya mending konsultasi ke dokter aja gan. Yang saya maksud di atas cuma kesemutan yang diakibatkan salah posisi saja.

kalau yang agan alami ini kesemutannya sudah lumayan rutin, sebaiknya segera periksakan saja ke dokter, takutnya ada indikasi penyakit serius. semoga bisa membantu ya gan dan lekas sembuh :)

Balas

Says kalau kesemutan juga mengangkat tangan ke atas, kecuali kalau tangan saya keburu lunglai seperti tangan di kartun-kartun, seperti tidak bertulang bisa dibengkokkan, hahaha

Balas

Saya sering kesemutan di kaki, karena kelamaan duduk di bangku atau bersila :D
klo udah kesemutan cuma bisa nyegir2 ga jelas :D
Terasa jadi berat klo sedang kesemutan

Balas

Hahah.. iya gan.. semakin digerakan semakin berasa banyak semutnya.. :)

Balas

Gan, mulai sore tadi tangan dan kaki saya kesemutan terus menerus, cara ngobatinnya gimn y ? Saya ngeri kena penyakit bahaya

Balas

di jentik itu di gimanain ya gan?

Balas

Coba lakukan peregangan peregangan gan.. banyakin juga olahraga biar ga ada pembulu darah yang tersumbat.. ^^

Balas

Itu lho mas.. kaya kita main kelereng.. di jentik..

Balas

informasi dan blog yang bagus enak dipandANG

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah