logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal (Bagian 2)

Tips Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal (Bagian2), Selamat malam sobat sekalian setelah pada postingan sebelumnya saya mengulas cara menghafal Al Quran tanpa menghafal bagian 1, sekarang kita akan membahas kelanjutannya yaitu cara menghafal Al-Quran tanpa menghafal bagian 2. Semoga artikel ini bisa menjadi jalan bagi kita untuk menjadi seorang penghafal Al Quran. Aamin.

Masih dalam nuansa Ramadhan yang sayang sekali kalau tidak di isi dengan berbagai ibadah yang tentunya akan mendapatkan berkali lipat balasan pahala. Dan salah satunya adalah menghafal. Disini yang akan kita pelajari adalah cara menghafal Al Quran tanpa menghafal. Sekali lagi saya ulangi "Menghafal Al Quran tanpa menghafal, hanya perlu membaca".

Baiklah sobat sekalian, tanpa berpanjang lebar lagi, langsung saja ikuti cara menghafal Al Quran tanpa menghafal berikut ini. Namun sebelum itu ada baiknya anda baca Tips Ringan Dalam Menghafal Al Quran agar proses menghafal yang anda lakukan lebih mudah.

Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal


Tips Mudah Cara Menghafal Al-Quran Tanpa Menghafal
Picture by Google
Misalnya:

Kita akan menghafal surah pendek dalam Al Quran dengan jumlah ayat sebanyak 20 ayat. Pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari cara menghafal ayat 1-5. Sekarang kita akan mempelajari cara menghafal ayat 6-10.

Caranya:

1. Bacalah ayat ke 6 secara detil dan tartil secara perlahan. Kemudian ulangi sebanyak 20 kali. Tidak perlu menghafal, hanya perlu membaca dengan memperhatikan semua huruf-hurufnya. Insya Allah pada pengulangan yang ke 20 anda sudah dapat membaca tanpa melihat Al Quran alias telah hafal.

2. Selanjutnya bacalah ayat ke 7. lakukan membacanya sampai 20 kali. Kemudian gabungkan membaca ayat 6 dan 7. Kemudian ulangi membaca ayat 6 dan 7 sebanyak 20 kali.

3. Selajutnya bacalah ayat ke 8 sebanyak 20 kali. Kemudian bacalah ayat 6,7 dan 8 dan ulangi sebanyak 20 kali.

4. Bacalah ayat ke 9 sampai 20 kali kemudian lanjutkan dengan membaca ayat 6,7,8 dan 9 sampai 20 kali.

5. Bacalah ayat ke 10 sampai 20 kali kemudian bacalah ayat 6,7,8,9 dan 10 sebanyak 20 kali pengulangan.

Gabungkan ayat 1-5 dan ayat 6-10

Setelah kita membaca ayat 6-10 maka kita akan menggabungkan ayat 1-5 yang telah kita baca sebelumnya dengan ayat 6-10. Caranya dengan membaca ayat 1-10 sampai selesai kemudian lakukan pengulangan sebanyak 20 kali, Insya Allah kita akan hafal ayat 1-10 tanpa menghafalnya, hanya dengan membaca.

Note:

1. Lakukan cara di atas sampai anda selesai membaca ayat ke 20. Dengan kata lain kita lakukan per 5 ayat kemudian digabungkan.

2. Untuk yang satu ayatnya terlalu panjang, anda bisa menyiasatinya menjadi potongan-potongan pendek, kemudian gabungkan.

3. Untuk surah yang tergolong panjang, anda bisa melakukannya dengan menghafal melalui membaca per baris sampai dapat menghafal 5 baris, kemudian lakukan untuk 5 baris berikutnya.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara menghafal Al Quran tanpa menghafal. Semoga artikel Tips Cara Menghafal Al Quran Tanpa Menghafal Bagian 2 di atas bisa bermanfaat bagi anda semua dan menjadi jalan bagi kita untuk menjadi seorang hafiz Quran. Jika anda mempunyai pertanyaan atau kurang faham, jangan sungkan untuk bertanya. Selain itu untuk lebih jelas silahkan anda baca cara menghafal Al Quran tanpa menghafal bagian 1. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 comments

luar biasa juga,,jadi gampang menghapalnya

Balas

alhamdulillah kalo gitu..

Balas

Agak mirip2 dengan caraku ngapalin quran sob, cuma aq gak ada istilah 20 kali atw sekian kali, kalo udah lancar ya sy lanjut lagi n ulang lagi ayat sblumnya.

Balas

iya gan, banyak jalan menuju surga.. :)
Cuma buat standarisasi aja, setiap orang kan punya kemampuan yang berbeda2... Kalo di timur tengah bahkan sampe 40x pengulangan... :)

Balas

nice tips mas bro

jazakallah
-didi-

Balas

iya gan sama-sama.. semoga bermanfaat..

Balas

syukran ya ikhwan... barakallahu alaik.

Balas

terimah kasih banyak.
Sesama islam alangkah baiknya kalo saling membantu.

Balas

Iya sama-sama, semoga menjadi amal jariah.. :)

Balas

thank atas postingannya, info yang sangat bermanfaat, just sharing bahwa menghafal quran memang yang penting niat dulu, karena terkadang hafalan akan seperti pemberian dari Allah SWT (saya mengharapkan-NYA) saat ini saya secara otodidak menghafal quran dan banyak belajar via internet juga rajin dengarkan murattal Abu Bakar Shatri (nggak pindah-pindah untuk hafalan) tetapi untuk memperbaiki ucapan tajwid kadang-kadang mendengarkan Syaikh yang lainnya,
Alkhamdulillah sudah bisa hafal surat surat penting dengan lancar tanpa putus-putus (surah sajadah, yasin, dukhan, rahman, waqiah, saff, jumuah, mulk, naba, naziiat, abasa, takwir, infithar) dalam proses saat ini mutaffifin ...
namun yang sangat mengherankan adalah kata PEMBERIAN itu kadang sehari bisa hafal satu halaman, kadang sehari susah betul hafal walau 5 baris ... lagi-lagi hidayah mungkin ...
yang menjadi ganjalan saya adalah dimana saya akan menyetorkan hafalan saya ... anak pondok bukan, benar benar bermodal laptop, headset, musaf diponegoro ... jika seandainya dapat saya ingin sekali melalui ANDA untuk dihubungkan via telepon talaqqi nya biar ada yang koreksi dimana letak salah dan kurangnya ... 0823 46300 888 herman PNS KEHUTANAN

Balas

http://hermanplanologi.blogspot.com

Balas

wah sharing yang sangat bermanfaat nih pak, judulnya "tanpa mondok juga bisa hafal Qur'an".. hhe. semoga bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lain..

bukannya saya ga mau pak, tapi memang tajwid saya bisa dibilang belum terlalu baik. Saya juga bukan anak pondok dan cuma belajar ngaji dari guru ngaji saya di desa.

Saran saya sebaiknya pak herman melibatkan pasangan atau juga anak-anak dirumah, selain romantis dan menambah kedekatan tentunya juga akan menjadi keluarga yang penuh keberkahan.. Tetap istiqomah pak.. salut buat pak herman..

Balas

siap pak, segera ke lokasi.. :)

Balas

nice post..
Sangat bermanfaat. Terima Kasih mas..:)

Balas

Sama-sama mb.. semoga menjadi penyemangat untuk menghafal Al Qur'an :)

Balas

terimakasih gan, cukup memberi motivasi kembali setelah sekian lama gak hafalan al-Quran, hehe...
jazakumullah khoiron katsiro

Balas

Iya gan sama-sama.. semoga kita bisa istiqomah dalam menghafal Al Quran. aamin

Balas

jazakallah akhi..
makasih atas postingannya. ana memakai metode sama seperti yang akhi tulis, tapi ana juga ingin nambahin. misal ana mau hafalin 1 halaman (contoh 10 ayat), ana nutupin al-quran setegah halaman terakhir pakai kertas (5 ayat), sehingga cuma kelihatan setengah halaman pertama (5 ayat pertama). nah ana baca 5 ayat pertama 20x sampai hafal. kemudian buka tutupan nya dan menutup kembali setengah halaman pertama. kemudian membaca lagi setengah halaman terakhir (5 ayat terakhir) hingga hafal.

fungsi ditutup setengah halaman: bagi ana setengah halaman al quran itu pendek. jadi akan lebih mudah menghafalkannya. kemudian menambah lagi dengan setengah halaman lanjutannya. dan akan menjadi 1 halaman.

Balas

Waahh subhanallah.. boleh di coba nih gan tips nya dari agan..:) jadi makin semangat nih.. hhe, jazakallah ya gan buat tips tambahannya, semoga bisa manfaat bagi kita semua dan bisa jadi amal jariah.. aamin :)

Balas

Sukron ya akhi sangat membantu kami. Semoga kita bisa menjadi insan yv hafidz. Amin

Balas

aamin allahummah aamin.. iya sama-sama gan.. :)

Balas

matur nuwun bro...semoga bermanfaat n berkah.

Balas

proses menghafalnya sih cukup mudah yang sulit adalah mempertahankan dan mengamalkannya

Balas

Alhamdulillah...
Ada cara yg cukup efektif buat menghafal Al-qur'an.
Mohon do'anya agar Saya dpt menghafal sedikit demi sedikit. Amin....

Balas

Saya ingin hafal quran dalam waktu satu taun bisa gak...

Waktu luang saya di waktu hari kerja 4 jam perhari...bisa gak saya hafal satu lembar perhari dalam waktu 4 jam ...

Balas

Aaamiin.. Allahummah aaamiiin..

Balas

Iya, murojaah adalah hal yang paling berat, butuh istiqomah.. :)

Balas

Aaamiiinnn, semoga dimudahkan dan di istiqomahkan Allah dalam menghafal Al Qur'annya gan..

Balas

Insya Allah bisa gan.. yang bikin hafal ga hafal itu kan Allah. Insya Allah bisa, yang penting dijalanin aja biar ga jadi angan belaka.. Tetap semangat gan..

Balas

Assalaamualaikum, ustadz kalau sdh dibaca 20 sampai 40 x blm jg hafal apa hrs trs diulang baru dilanjut ke ayat ke 2, syukron

Balas

Lanjut aja, nanti juga bakal diulang lagi di tahap selanjutnya. Semoga dipermudah Allah dalam menghafalnya..

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah