logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Obat

Tips Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Obat, bintitan merupakan benjolan yang muncul pada kelopak atas maupun kelopak bawah pada mata. Nah, melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi sedikit informasi mengenai cara mengobati mata bintitan. Semoga dengan mengetahui informasi ini bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami mata bintitan.

Bintitan dalam bahasa medisnya adalah hordeolum. Penyebab bintitan adalah disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah sehingga menimbulkan benjolan. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kelenjar tepi kelopak mata kita diserang oleh bakteri Stafilokokus.

Gejala awal dari mata bintitan biasanya adalah terasa adanya benjolan pada kelopak mata berwarna kemerahan. Selanjutnya akan disertai pembengkakan kelopak mata. Mata akan terasa nyeri terutama saat sedang menunduk. Selain itu juga akan muncul rasa gatal pada kelopak mata.

Tips Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Obat
Picture by Google
Yang lebih parah lagi adalah munculnya mitos yang beredar di masyarakat bahwa bintitan adalah akibat kita mengintip seseorang. Tidak tahu dari mana asalnya mitos tersebut tapi cukup membuat kita terhakimi sebagai seorang pengintip akibatnya akan berdampak pada menurunnya rasa percaya diri sehingga enggan bepergian keluar.

Dengan dampaknya yang seperti ini tentu membuat bintitan dapat mengganggu aktifitas dan kerja kita. Nah untuk itu bagi sobat yang menderita mata bintitan, sobat tidak perlu khawatir sebab bisa di obati. Untuk mengobati mata bintitan, sobat bisa mencoba cara mengobati mata bintitan berikut ini. 

Cara Mengobati Mata Bintitan


Kompres Mata Anda
Untuk mengobati mata bintitan, bisa anda lakukan dengan mengompres mata anda yang sakit. Hal ini bertujuan untuk mengempeskan dan menghilangkan bengkak pada mata anda akibat bintitan.

Caranya:
1. Siapkanlah handuk bersih dan air hangat.
2. Rendamlah handuk pada air hangat kemudian peras.
3. Kompreslah mata anda yang bintitan menggunakan handuk yang telah anda peras tadi.
4. Lakukan pengompresan selama kurang lebih selama 15 menit.
5. Lakukan cara ini secara rutin, insya Allah 1-2 hari bintitan anda akan mengempes. 

Bawang Putih
Selain dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan mengobati bisul, bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengobati mata bintitan.

Caranya:
1. Siapkan satu siung bawang putih.
2. Kemudian irislah bawang putih tersebut atau bisa juga dengan di tumbuk hingga halus.
3. Oleskanlah ke bagian mata anda yang mengalami bintitan.

Obat Tetes Mata
Kenapa cara ini dimasukkan, padahal termasuk obat? melihat bentuknya yang seperti air jernih membuat terlihat alami dan saya memutuskan untuk memasukkan cara ini. Untuk mengobati bintitan anda juga bisa menggunakan obat tetes mata.

Caranya:
1. Teteskanlah obat tetes mata hanya saat mata merasa gatal dan disertai nyeri pada pinggir kelopak mata.
2. Jangan terlalu banyak meneteskannya dan jangan terlalu sering karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.
3. Lakukan treatment ini 2-3 kali sehari.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa cara untuk mengobati mata bintitan. Semoga artikel Tips Cara Mengobati Mata Bintitan Tanpa Obat di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara mengobati sariawan secara alami. Terima kasih atas kunjungan anda semua dan perbanyaklah ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

60 comments

Info praktis dan sangat bermanfaat

Balas

iya gan, semoga bermanfaat..

Balas

Artikel yang bagus... Jadi inget seminggu yang lalu, waktu anakku bintitan. Karena tak ingin menularkan pemahaman mitos aneh ke anak, melihat faqih bintitan malah jadi cengar-cengir. Sampe Faqih protes, "Ummi, nih... Aku sakit malah diketawain." hehe... Maaf, Nang, bukannya ngetawain. Cuma geli aja lihat matamu jadi seksi. :D *ngeles.com
Trus tanpa pikir panjang, aku kasih obat tetes mata satu tetes di bagian mata yang sakit saat itu juga. Dan Faqih pun kembali bermain bersama teman-temannya. Sepulangnya di sore hari, dia masih mengeluh perih di mata, dan kuteteskan lagi setetes obat tetes mata. Paginya minta ditetes lagi sebelum sekolah. Dan Alhamdulillah, sepulang sekolah sudah tak ada keluhan lagi.
Setelah baca artikel ini, jadi ingat kalau ada cara-cara alami yg bisa ditempuh untuk terapi bintitan. Padahal sebetulnya lebih suka cara-cara alami. Tapi waktu itu bener-bener lupa. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan suatu hari kalau nemuin kasus bintitan lagi. Makasih artikel kerennya, ya, mas Apoteker... :)

Balas

iya sama sama ummi, btw saya bukan apoteker.. hhe, makasih ya ummi buat sharing pengalamannya dan semoga artikelnya bermanfaat.. aamin

Balas

iya sama-sama gan..

Balas

iya sama-sama gan. semoga tips nya bermanfaat..

Balas

Thanks infone...udah dri kmrin mata q merah Dan mulai gatal... Hari ini sedikit bengkak Dan perih...dan bath tau lok q bintitan

Balas

iya gan sama-sama, semoga lekas sembuh ya..

Balas

Wah.. Makasih infonya yah. Tau napa bangun tdr tiba2 kelopak mata atas perih dan bengkak.. Mau langsung praktek neh :)

Balas

iya sama-sama mb, udah tanda2 nya tuh, dicoba aja dan semoga lekas sembuh.. Aaamin

Balas

Eh makasih infonya ya :) kemarin mulai ada di klopak mata atas, aku panik soalnya mau ada event yg ngarusin pake make up hahaha. Kan jelek kalo make up in mata bintitan. Skali lagi makasiih

Balas

hihihi.. iya sama-sama mb.. sukses ya buat event nya..

Balas

Kalau guna es batu bisa ngak?

Balas

Biasanya es batu atau air dinging di gunakan pada saat mata mengalami iritasi bukan pembengkakan. Pembengkakan / bintitan dan iritasi membutuhkan kompres dgn air yg berbeda

Balas

makasih tips nya :)
aku jadi gk sekolah nih gara' bintitan kecil ini :v

Balas

iya sama-sama gan..^^ lekas sembuh yaa...

Balas

Boleh dicoba tips.x.. semoga berhasil amin :-)

Balas

iys gan dicoba aja, semoga mata bintitannya lekas sembuh ya gan.. ^^

Balas

banyak yang bilang kalo mata bintilan itu karena mengintip, tapi sebenarnya itu karena infeksi seperti jerawat

Balas

iya ga... itu mitos yang ga bener.. ^^ tepat seperti yang agan katakan,,, bintitan sejenis jerawat..^^

Balas

iya... soalnya kalo mata bintitan dikira ngintip.. :)

Balas

wah ane lebih memilih pake timun aja deh :)

Balas

pake bawnag aja gan biar bintitannya cepet sembuh.. :)

Balas

Wah.. artikel yg bagus.. lngsung dicoba.. thanks gan infonya.. ^_^

Balas

silahkan gan.. semoga mata bintitan nya lekas sembuh ya gan.. :)

Balas

sangat bermanfaat sekali sob informasinya. Ane kadang juga kena mata bintitan seperti itu. Bisa dicoba sob tips nya

Balas

iya silahkan gan.. bintitan memang kadang datang tak terduga.. :)

Balas

kalau menggunakan bawang putih apa nggak bikin perih ke mata yah mas hehe... makasih tipsnya mas Irpan saya bookmark dulu tipsnya nih :)

Balas

Iya bikin perih gan, tapi insya Allah bintitannya akan cepat sembuh.. :)

Balas

gan,,
Kalo bintitannya di dalam dkat mata, gmna ngasihnya ??
Nda perih di kasih bawang ?

Balas

PErih gan, usahakan jangan sampai mengenai mata, kalau tidak, cukup didekatkan saja bawangnya ke mata sampai terasa perih, bila perihnya hilang coba ulangi lagi.. semakin sering ssemakin baik..

Balas

Nemuin blok ini, sangat bermanfaat karena mata saya saat ini sedang bbengkak, merah, gatel dan keluar nanah kaya jerawat

Balas

wah.. harus segera diobatin gan matanya.. karena dapat mengganggu aktivitas... dicoba aja ya salah satu cara diatas.. semoga bintitan nya lekas sembuh ya gan :) aamin

Balas

gan... saya lagi kena bintitan nih
dan besok malem saya mau hiking ke gunung bareng temen2

kira2 dari cara diatas yang paling ampuh bisa sembuh dalam sehari yang mana..... ?

Balas

Insya Allah pakai bawang putih gan, walaupun belum tentu hilang dalam sehari,setidaknya ada efeknya.. minimal perih2 dimata.. Tapi Insya Allah cepet sembuh gan.. bwang putih nya di bawa juga ke hiking nya, buat ngobatin di perjalanan.. kalau caranya repot, cukup iris aja ujung bawang putihnya kemudian oleskan ke bintitannya seperti mengoleskan lipstik. semoga bintitannya lekas sembuh ya gan, dan semoga hikingnya lancar.. aamin

Balas
avatar
qilbymaleeq58@gmail.com

Pas banget ini si kecil lagi bintitan
Tp kalo perih ga tega
Masih kecil.soalnya

Balas

owh.. kalau masih kecil jangan dulu mb, kasian :). lekas sembuh ya mb dedeknya :)

Balas

Kebetulan banget Nih mata Gue Selalu sakit.. Mantaf dah Artikelnya...

Balas

iya gan, semoga bisa mengobati mata bintitannya ya.. aaamin :)

Balas

Makasih Infonya, Tapi asli pake bawang putih pedih banget, Gan. Sampe nangis, hhe

Balas

hahah.. ya iya lah gan.. :)
lekas sembuh ya gan.. aamin :)

Balas

Iya sama-sama gan. semoga beranfaat :)

Balas

sering orang bilang karena mengintip orang. tidak tahunya karena infeksi atau peradangan pada kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah ya mas.. hemm :)

Balas

iya gan, itu cuma mitos yang ga masuk akal untuk mata bintitan,, hhe

Balas

sangat mudah ya caranya..boleh dicoba nich mas tipsnya jika nanti saya bintitan. hihi

Balas

artikelnya sangat bermanfaat.. terima kasih mas sudah berbagi.

Balas

iya sama-sama gan, semoga bermanfaat ya untuk mengobati sakit mata bintitan nya :)

Balas

iya mb, buat jaga-jaga saja kalau nanti mengalami mata bintitan :)

Balas

kebetulan kelopak kiri bengkak merah. nemu artikel ini.. lagi mempraktekkan bawang putihnya nih sambil nemenin bibi nyiapin hidangan sahur. perih banget :|

Balas

Thanks infonya, saya pake yang obat tetes Cendo Xitrol

Balas

iya mb, emang perih.. tp dengan begitu insya Allah cepet sembuh :)

Balas

yup makasih info tambahannya gan :)

Balas

pakai minyak tawon juga bisa bro, soalnya aq pernah bintitan dan wktu itu aq disaranin temenku ngolesin minyak tawon. dan hasilnya alhamdulillah sembuh.

Balas

wah boleh juga nih gan yanto tips tambahannya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.. Aaaamin :)

Balas

gan kalo yang bintitan itu bagusnya dikompres air dingin ato hangat ya? makasih

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah