logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Cepat Khatam Al Qur'an Dengan Metode ODOJ

Tips Cara Menghafal Al Qur'an Dengan Metode ODOJ, sudah pernah mendengar istilah OJOD? OJOD merupakan singkatan dari one day one juz. Metode membaca Al Qur'an ini sudah mulai populer saat ini. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara cepat khatam AL Qur'an dengan metode OJOD. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Dengan bermaksud menyinggung diri sendiri, ketika mendapatkan kesusahan atau kesulitan kita biasanya mendekatkan diri kepada Allah. Hari-hari dipenuhi dengan ibadah yang salah satunya adalah membaca Al Qur'an. Membaca Al Qur'an dilakukan sesering mungkin, membaca dengan tartil bahkan kadang disertai dengan air mata. Tapi setelah masalah atau musibah tersebut berlalu, kita mulai jarang membaca Al Qur'an. Semakin sibuk maka semakin jarang pula membaca Al Qur'an. Bahkan sampai pada suatu titik dimana setiap hari tanpa Al Qur'an. Bahkan Ustd Yusuf Mansur pernah berkata "Beruntung banget orang yang pada kena musibah, bisa merasakan manisnya deket sama Allah".

Memang tanpa kita sadari, kesibukan kita sehari-hari sering membuat kita lupa membaca Al Quran. Jangankan khatam, jangankan satu juz, membaca saja terasa berat, terasa tidak ada waktu, terasa tidak sempat. Untuk itu bagi anda yang merasa tidak punya waktu membaca Al Qur'an sebaiknya anda menggunakan cara cepat khatam Al Qur'an dengan Metode ODOJ berikut ini.


Cara Cepat Khatam AL Qur'an dengan Metode ODOJ


one day one juz
Picture by Google
Metode ODOJ ini merupakan metode One Day One Juz atau juga satu hari satu juz. Metode ini digunakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kembali kecintaan kita terhadap Al Qur'an. Membuat kita mau membuka kembali Al Qur'an kita yang telah usang karena telah lama ditinggalkan. Caranya cukup mudah, hanya menargetkan membaca Al Qur'an sebanyak satu hari satu juz. Dengan begitu maka dalam waktu satu bulan anda sudah bisa khatam Al Qur'an dengan cepat.

Tapi rasanya cukup berat ya, membaca Al Qur'an sendiri, mendisiplinkan diri sendiri, mengatur waktu untuk membaca Al Qur'an sendiri rasanya pasti berat. Butuh komitmen yang kuat, butuh semangat yang tinggi yang saya yakin jika dilakukan sendirian bagaikan mendaki jurang yang terjal. Untuk itu sebagai alternatif anda bisa mengikuti sebuah program yang bernama One Day One Juz.

One Day One Juz (ODOJ)


Program ini bisa anda ikuti melalui smartphone yang anda miliki yaitu melalui aplikasi bbm dan WhatsApp. Di sini saya bisa tersenyum karena bisa memanfaatkan smartphone yang saya miliki dengan aktivitas yang bermanfaat :). Pertama kali teman saya memperkenalkan komunitas ini saya langsung tertarik dan bilang I'm in karena ini merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kecintaan pada Al Qur'an.

Pengalaman saya mengikuti program ODOJ ini cukup menarik. Pertama join saya langsung terkesima dengan semboyan "Jangan menunggu waktu luang tapi luangkanlah waktu untuk membaca Al Qur'an". Program ini sendiri terdiri dari grup-grup yang terdiri dari 30 (tiga puluh) odojers atau member dalam tiap satu grup. Pertama bergabung kita akan disambut dengan hangat dan penuh rasa persaudaraan dan yang pasti dengan nuansa yang islami. :)

Aktivitas dari program ini sendiri adalah mengharuskan (bukan wajib) setiap anggota grup OJOD membaca Al Qur'an sebanyak satu hari satu juz. Dengan jumlah anggota 30 (tiga puluh) orang maka tiap grup akan khatam Al Qur'an dalam waktu satu hari. Jangan khawatir jika bacaan anda tidak lancar atau merasa belum bisa, karena bagi teman-teman yang belum mampu menyelesaikan satu juz dalam sehari maka akan ada backup dari teman yang lain (biasanya dikenal dengan istilah lelang) untuk menyelesaikan juz tersebut sehingga grup tersebut tetap akan khatam Al Qur'an dalam waktu satu hari. Dan yang paling menarik saat lelang juz maka setiap anggota berebutan untuk mendapatkan jatah lelang juz tersebut sehingga menambah semangat dalam membaca Al Qur'an.

Siapa saja anggota ODOJ? bisa siapa saja baik tua, muda, pria, dan wanita tapi pastinya dibedakan grup untuk odojers pria dan odojers wanita. Selain itu jangan terkejut jika anda menemukan ada artis yang mengikuti program ini bahkan pejabat juga ada, apakah mereka dibedakan. Jawabannya tidak, mereka juga arus membaca satu hari satu juz ayat Al Qur'an. Perlu diketahui, jumlah odojers hingga 21 Januari 2014 sudah mencapai 70 ribuan. Jangan ketiggalan ya. Untuk mendaftar jadi odojer silahkan langsung kunjungi onedayonejuz dot org. Semoga dengan bergabung bisa membuat kita lebih semangat dalam membaca Al Qur'an.

Nah sobat, itulah sekilas mengenai cara cepat khatam Al Qur'an dengan metode ODOJ. Semoga apa yang saya sampaikan melalui artikel tips cara cepat khatam Al Qur'an dengan metode ODOJ di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara mudah menghafal Al Qur'an tanpa menghafal. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga kita bisa selalu membaca Al Qur'an.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

66 comments

kalau menurut saya pribadi membaca Al Qur'an tidaklah harus cepat Khatam mas, tapi jauh dari sekedar itu membaca dengan iklas,memahami,meresapi dan mengamalkan apa yang sesungguhnya terkandung dalam Al Qur'an tersebut jauhlah lebih penting dan bermanfaat, ketimbang kita membacanya dengan tergesa gesa dan hanya bertolak pada ke Khataman saja

Balas

Kelihatannya mudah ya sob.. tapi ada aja cobaanya

Balas

wah pengen juga nih bisa cepat khatam alqur'an, tapi masih belajar baca saya mas hehehe belum bisa lancar baca nya :)

Balas

bener banget semboyannya bos, kalo ga meluangkan waktu kayaknya ga mungkin untuk membacanya bos, soalnya godaannya banyak banget, hehehe.......

Balas

One day one juz,
izin menambahkan mas irpan, 2 lembar setiap setelah solat 5 wktu..
tks mas..sangat bermanfaat..:)

Balas

sangat bermanfaat mas..
kalu saya baru 1 hari 5 lembar..itupun belum konsisten..
semoga setelah baca ini bisa konsisten..amin

Balas

setuju banget sama agan... tapi tentu akan lebih baik kalau membaca Al Qur'an nya dengan ikhlas terus banyak dan continue.. ^^

Balas

iya gan.. di coba aja.. seru kok.. ^^

Balas

Ga apa-apa... saya juga masih belajar mb.. yang penting niat dan kesungguhan.. ^^

Balas

makasih gan.. sekalian buat amal jariah.. ^^

Balas

iya gan... kalo nunggu wangtu luang kaya nya ga bakalan ada walaupun ga ada godaan.. ^^

Balas

wah itu sudah luar biasa gan.. aaamin semoga bisa selalu konsisten... Blogger yang mangutamakan sholat ama membaca Al Qur'an itu luar biasa.. ^^

Balas

iya ga.. saya juga baru tahu.. di coba ya gan.. ^^

Balas

temen saya di tempat kerjaan, ada yang mengikuti program odoj, di memang sangat rajin sekali. setiap habis sholat di pasti baca.

Balas

cara ini cocok sekali buat anak-anak pengajian yaa mas, biar mereka cepat dan tanggap membaca Al-Quran
:)

Balas

terimakasih pencerahannya, ngga pernah kepikiran kalau begitulah seharusnya mengkhatamkan Al Quran ya kang, dengan menggunakan metoda ODOJ keniscayaan itu bakal tercapai....sip kang.

Balas

kebetulan ane belum bisa baca alqur'an

Balas

wah bakalan banyak pahalanya ya mas apabila bisa khatam alqur'an tiap hari :)

Balas

saya juga boleh juga nyoba kan ya :)

Balas

luar biasa dengan metode ini bisa cepat hatam alquran.

Balas

kalu menurut saya kurang mantap mas dengan metode ini soal ny ada pepatah bilang.. mudah didapat mudah hilang

Balas

ODOJ (One Day One Juzz) ini semakin terkenal. Ada komunitasnya via Android. Istri saya ikut program ini. Setiap kali dia selesai 1 juzz sehari, dia pun memberi laporan dalam komuntas ODOJ via Android

Balas

memang yg tersulit itu istiqamahnya :)

Balas

wkwkwk....langsung katam ya :D

Balas

betul mbak ririn...pasti banyak pahalanya...semoga kita bisa beristiqamah dalam kebaikan..aamiin :)

Balas

semoga segera bisa ya...:)

Balas

sippp...mantab pokonya bang :D

Balas

betul mas ferdin...sangat cocok :)

Balas

malu rasanya baca postingan ini, karena lama banget gak buka Al-qur'an

Balas

Subhanalloh..Menyenangkan sekali pastinya bisa membaca Al-Quran secara bersama2, walapun kita tidak ketemu secara langsung ya mas Irpan.

Balas

Metode yang baik mas, semoga bisa menyusul selanjutnya mas Irpan :)

Balas

Bagus itu mas Walidin, tapi yang penting harus ikhlas membacanya ya mas, bukan karena ikut ODOJ lho ya :)

Balas

Bener mas, yang penting niat Kita sudah kuat pasti godaan-godaan juga bakalan hilang dengan sendirinya mas.

Balas

Insya Allah gan.. dan tentunya jadi lebih semangat dari pada kita membaca Al Qur'an nya sendirian.. :)

Balas

Insya Allah gan..^^

Balas

@purnomo Jr : silahkan gan... sangat boleh di coba.. :)

@M. Robin : Iya gan.. semangat.. ^^

Balas

Bagus kalau gitu ga.. perlu di tiru semangat nya.. :)

Balas

Insya Allah cocok untuk semua umur gan.. gak cuma anak-anak.. :)

Balas

Iya gan... yang penting prakteknya.. :)

Balas

Dimulai aja gan belajar baca Qur'an nya... kita bantu doa biar cepet bisa.. Aaamin :)

Balas

Membaca Al Qur'an kan perbuatan baik mb,, setiap perbuatan baik itu mendapatkan pahala.. jd Insya Allah dapet mb... :)

Balas

hahha.. cuma dalam hal pahalanya saja gan.. tapi bukan berarti kita telah khatam Al Quran... Tentu kalau kita mengkhatamkan Al Qur'an secara langsung memiliki keutamaan tersendiri.. :)

Balas

Insya Allah gan, kan jadi lebih semangat.. :)

Balas

iya gan.. ada juga pepatah "dicoba dulu baru bilang".. :)

Balas

bener pak.. jadi lebih semangat karena rame-rame.. :)

Balas

Bener gan.. lebih sulit lagi kalo istiqomahnya sendirian.. kalo reme-rame kan ada yang mengingatkan.. :)

Balas

kalo gitu mulai di baca lagi aja Al Qur'an nya gan.. :)

Balas

Aaaamin... dicoba ya gan.. :)

Balas

Wih, komentarnya langsung membludak :-bd

Balas

Iya... temen-temen semua gan.. ^^

Balas

jadi anak sholeh ya mas kalau sering hataman al qur'an :)

Balas

Emang kalau banyak teman terutama dari G+ sangat bermanfaat bagi blog kita, lanjutkan :D

Balas

siap gan.. lanjutkan.. hhe

Balas

hehhe.. iya mb... tp kalau mb ririn jd anak sholeha.. :)

Balas

sebenarnya ane malu komeng jika menyangkut ttng agama sob..masih jauh..klo seingat ane.. umur 5 tahun ane dah khatam al-Qur'an..tapi klo hapalinnya..wah..perlu ada sedikit perbaikan di jaringan otak...hehehe

Balas

hehehhe.. santai aja gan.. saya, agan dan temen-temen yang lain juga masih belajar.. :)

sedikit-sedikit aja gan ngafalinny, kan lama-lama jadi bukit.. jangan langsung banyak2 ntar meletus kaya gunung kelud.. hhe

Balas

Ingin ikut, tapi ragu. Apa sy bisa ? soalnya biasanya sehabis maghrib dapat dua halaman sj rasanya sdh lama

Balas

Ingin gabung tapi ragu,apa sy bisa ya ? soalnya baca qur'an habis maghrib 2 lembar saja rasanya sdh lamaaaaaaaaa......... Kalau banyak halaman takutnya tdk bs istiqomah



Balas

Ingin gabung takut gak bs istiqomah

Balas

Insya Allah bisa. Namanya juga berproses. Seorang pembalap yang Ahli, tidak mungkin langsung ahli, pasti ada proses tertatih. Kalau gan himan sendiri saja tidak yakin dengan diri sendiri, gimana orang lain mau yakin?. Insya Allah bisa gan. Yang penting niat ama tekad. Alternatif bisa dimulai dengan ikut yang sehari setengah juz. atau sehari sehalaman.

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah