logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bukit Kaba, Bukit dengan Rasa Pegunungan, Sulit untuk Ditaklukkan

Bandung - Bukit identiknya adalah sebuah dataran tinggi yang memiliki ketinggian tanah lebih tinggi dari pada wilayah sekitarnya namun tidak lebih tinggi dari pada gunung. Oleh karena itu biasanya bukit dijadikan alternatif bagi pendaki dan tidaklah semenarik gunung dengan alasan bukit mudah untuk ditaklukkan. Namun jika kita berkunjung ke kawasan wisata alam Bukit Kaba maka paradigma kita mengenai bukit akan berubah, karena bukit ini tidaklah mudah untuk ditaklukkan. Banyak para pendaki yang ketagihan untuk mendaki Bukit Kaba karena medan nya yang begitu menantang.

Informasi mengenai Bukit Kaba ini saya dapat dari teman saya yang bernama Aferma Laoniza, beliau merupakan orang Bengkulu asli dan sudah pernah mendaki Bukit Kaba semasa sekolahnya dulu. Dalam perjalanan kami menuju Punclut (tempat wisata kuliner di Bandung) beliau menceritakan secara detil mengenai bukit kaba dan segala hal menarik yang pernah dirasakannya semasa mendaki Bukit Kaba. Penuturannya ini membuat saya menjadi tertarik dan suatu saat berniat menaklukkan Bukit Kaba dengan kaki saya sendiri pada suatu saat nanti.

"Bukit kaba itu bukit tapi seperti gunung, suhunya dingin dan jalan mendakinya melewati celah-celah sempit yang hanya selebar badan saja," cerita Afe dengan mata yang berbinar-binar, Sabtu (16/5/2015).

Salah satu kawah di wisata bukit kaba bengkulu
Picture by Google

Dengan gaya penuturannya yang penuh semangat, sudah bisa ditebak kalau pendakian ke Bukit Kaba merupakan perjalanan menarik yang di alami Afe sehingga sulit untuk dilupakan dan masih berkesan hingga kini.

Lokasi Bukit Kaba berada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berjarak 2 jam perjalanan dari Bengkulu menggunakan kendara motor. Namun untuk mencapai lokasi ini jangan menggunakan motor matic karena kondisi jalanan dipenuhi dengan batu alam sehingga akan membuat motor matic nyangkut selain itu kondisi jalan yang curam juga akan membuat pengguna motor matic kesulitan untuk menanjak.

Di sepanjang perjalanan akan ada tempat-tempat peristirahatan bagi anda yang kelelahan dan untuk tempat menginap, di bagian atas akan ada villa-villa yang menyediakan jasa penginapan. Disarankan untuk membawa pakaian hangat yang tebal karena dinginnya suhu di bukit Kaba.

Dari tempat penginapan, kita bisa melanjutkan pendakian ke puncak Bukit Kaba. Perjalanan cuma memakan waktu satu jam, tetapi adrenalin yang memuncak tidak akan terlupakan. Pendakian menggunakan jalan setapak akan menemukan medan yang terjal, melawati celah-celah yang hanya selebar bahu, tentunya hal ini akan meninggalkan kenangan yang sangat berkesan. Dulunya jalan setapaknya datar, tetapi karena gempa dan seringnya dilewati membuat jalannya terus turun dan semakin dalam. Jadi siap-siap saja baju anda untuk kotor di sana sini.

Jalan pendakian menuju bukit kaba bengkulu
Picture by Google

Bagi anda yang ingin menuju puncak Bukit Kaba namun tidak ingin menempuh perjalanan yang sulit, anda bisa menggunakan jalan setapak yang bisa dilalui dengan motor. Namun tentunya hal ini tidak akan berkesan karena puncak nya bisa diraih dengan mudah.

Di puncak Bukit Kaba sendiri terdapat dua kawah. Karena Bukit Kaba ini merupakan gunung berapi maka kawah yang dihasilkan adalah kawah belerang. Namun kawah yang satu lagi memiliki warna air yang biru dikarenakan aktivitas volcano nya sudah tidak aktif lagi.

Hal yang tidak kalah menarik dan memuat deg-deg an adalah di Bukit Kaba ini ini masih terdapat hewan-hewan liar yang masih berkeliaran seperti Harimau dan Gajah. Namun jangan takut, jika kita tidak mengganggu tentunya hewan-hewan ini juga tidak akan mengganggu. Populasi hewan-hewan liar ini tidak seberapa namun hewan-hewan ini dilestarikan oleh pemerintah provinsi Bengkulu.  

Satu hal lagi yang tidak boleh anda lewatkan yaitu wisata bunga bangkai dan bunga raflesia. Karena di Bukit Inilah biasanya bunga tersebut tumbuh. Biasanya bunga-bunga ini muncul di kebun-kebun warga. Ketika warga mengetahui adanya putik bunga ini maka warga tersebut akan menginformasikan ke pemerintah dan sekejap tempat itu akan disulap menjadi tempat wisata bunga bangkai atau bunga raflesia. 

Bagi pemula yang ingin mencoba menaklukkan Bukit Kaba, berikut ini tips-tips yang mungkin akan berguna bagi anda.

Tips Mendaki Bukit Kaba

1. Jangan menggunakan motor matic atau motor pria karena akan sulit bermanuver dalam menyusuri jalan ke Bukit Kaba.

2. Bawa baju hangat yang tebal karena suhu di Bukit Kaba sangat dingin, pada siang hari saja kita membutuhkan jaket agar tidak kedinginan dan hipotermia.

"Di sana itu ada dua jalur pendakian, satu bisa menggunakan motor dan satu lagi jalan setapak yang terjal dan menantang. Kalau menggunakan motor tidak akan berkesan sama sekali. Kita harus menaklukkan Bukit Kaba dengan kaki kita sendiri" ungkap Afe.

Nah ini saja informasi seputar Bukit Kaba yang bisa saya sampaikan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menaklukkan Bukit Kaba dan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai tips jalan-jalan ke sawah sambil menikmati hamparan padi. Selamat beraktivitas dan kami tunggu kunjungan anda selanjutnya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah