logo blog tip or tips
Background Header
Selamat Datang Di Blog Tip or Tips
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tip or Tips,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mudah Menghafal Al Qur'an Dengan Metode Tikrar

Bandung - Cara menghafal Al Qur'an ada banyak sekali caranya, diantaranya ada metode yadain, tulis di papan, dibacakan dan lain-lain. Nah untuk metode menghafal Al Qur'an yang akan kita bahas kali ini adalah metode tikrar. Alhamdulillah sabtu (14/11/2015) saya berkesempatan mengikuti pelatihan metode tikrar di Masjid Salman ITB. Karena ilmunya gratis, jadi saya juga akan membagikannya kepada anda gratis. :)

Metode tikrar berbeda dengan metode yadain yang saya gunakan ketika mengikuti  karantina tahfidz Qur'an selama satu bulan beberapa waktu yang lalu. Kalau metode yadain menggunakan imajinasi kita dalam prakteknya, nah kalau metode tikrar ini hanya mengandalkan ketelatenan alias ketekunan dalam membaca. Tidak ada kata menghafal di sini yang ada hanya membaca tapi jika dilakukan dengan cara-cara yang benar, mengikuti aturan dan istiqamah insya Allah akan hafal Al Qur'an dengan sendirinya tanpa perlu menghafal.

Metode tikrar untuk menghafal Al Qur'an dengan mudah
Picture by www.tiportips.com

Kenapa mudah sekali kang menghafal Al Qur'an tanpa perlu menghafal? Ya Iyalah, Allah sendiri kan bilang kalau Al Qur'an itu mudah untuk dipelajari (red: dihafal) tapi kitanya saja yang bakka (bahasa jepang : bodoh) dengan berfikir bahwa Al Qur'an itu tebal, halamannya banyak sehingga susah untuk di hafal, ujung-ujungnya gentar duluan. Hal ini akan tertanam di alam bawah sadar kita dan ujung-ujungnya menghafal jadi males dan merasa beneran susah buat di hafal. Iya kan? Sudahlah, yang pernah merasa seperti ini ngaku saja. Yuk bareng-bareng angkat tangannya, tunjuk ke arah kita dan bilang "Saya".

Oke kang, saya yakin dan percaya menghafal Al Quran itu mudah, terus bagaimana caranya? Seperti yang sudah kita bicarakan di awal, kita akan menghafal menggunakan metode tikrar. Ups, bukan metode tikar ya, tapi metode tikrar. Kalau mau tau caranya, hal ini penting untuk di ingat, pantengin aja sampai habis artikelnya. :D

Cara Mudah Menghafal Al Qur'an Dengan Metode Tikrar

Penjelasan dan Saran

1. Hal yang paling penting dan utama, perbaiki tahsin bacaan anda. Karena untuk setiap bacaan yang tidak benar akan menyebabkan penyimpangan makna. Yah terus gimana, saya kan bacaannya belum bagus? musuh utama penghafal Al Qur'an itu alasan dan penundaan. Kalau belum bagus tahsinnya ya belajar keles.

2. Gunakan mushaf tikrar. Mushaf ini keluaran syaamil Qur'an. Saya tidak berniat promosi tapi memang mushaf tikrar ini di desain sedemikian rupa sehingga sangat cocok untuk para penghafal yang menggunakan metode tersebut. Recommended.

3. Satu halaman mushaf di bagi menjadi 4 bagian, disebut maqra' (1/4). Bisa dilihat adanya perbedaan antara warna biru dan putih pada halaman.

4. Satu maqra' dibagi lagi menjadi dua yang disebut maqta' (1/2 maqra' atau 1/8 halaman) ditandai tulisan huruf yang berwarna biru.

5. Intinya satu halaman itu di bagi delapan

6. Catat jumlah anda membaca pada kolom yang telah disediakan di kanan atau kiri pada setiap halaman.

7. Kolom digunakan untuk 5 kali membaca. Cara mengisi kolom adalah dengan memberikan tanda berupa garis. Satu garis untuk setiap kali baca. Bisa berupa bentuk bintang, bentuk coretan pemilihan suara atau sesuai kreasi anda. Lihat gambar di bawah ini.

Cara mudah Menghafal Al Qur'an dengan metode tikrar
Picture by Google

8. Catat menggunakan pensil biar nantinya bisa di hapus dan digunakan lagi.


Penjelasan Cara Menghafal Al Qur'an Menggunakan Metode Tikrar

1. Kolom penanda tilawah

Kolom ini terdiri dari tiga baris. Tiap baris ada 8 blok. Tiap blok bisa di isi 5 gari. jadi total kolom ini bisa dimanfaatkan sebanyak 3x8x5 = 120 kali

Kolom ini digunakan untuk tilawah biasa. Digunakan ketika menyelesaikan tilawah satu halaman. Ketika selesai satu halaman maka langsung diberikan tanda di kolom yang telah disediakan.Sangat cocok untuk anda yang ikut ODOJ jadi anda bisa melihat sudah sejauh mana kedekatan anda dengan Al Qur'an dengan mengukur jumlah khatam yang telah anda lakukan. Belum tau odoj, baca artikel saya mengenai cara cepat khatam Al Qur'an dengan metode ODOJ.

2. Kolom Penanda Tikrar

Di kolom ini lah metode tikrar dimulai. Caranya adalah :

Tahap 1
Pertama : Baca ayat 13-14 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 13-14. Biar tidak mengganggu, mengisi kolom bisa dilakukan per lima kali membaca atau per 10 kali membaca.
Kedua : Baca ayat 15-16 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 15-16. 
Ketiga : Baca ayat 13-16 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM1
Keempat : Baca ayat 17-18 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 17-18

Tahap 2
Kelima : Baca ayat 19-21 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 19-21
Keenam : Baca ayat 17-21 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM2
Ketujuh : Baca ayat 13-21 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 1-2

Tahap 3
Kedelapan : Baca ayat 22-24 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 22-24
Kesembilan : Baca ayat 25-28 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 25-28
Kesepuluh : Baca ayat 22-28 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM3
Kesebelas : Baca ayat 17-28 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 2-3
Keduabelas : Baca ayat 13-28 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 1-3

Tahap 4
Ketiga belas : Baca ayat 29-34 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 29-34
Keempat belas : Baca ayat 35-37 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom 35-37
Kelima belas : Baca ayat 29-37 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM4
Keenam belas : Baca ayat 22-37 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 3-4
Ketujuh belas : Baca ayat 17-37 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 2-4
Kedelapan belas : Baca ayat 13-37 sebanyak 40 kali. Isi pada kolom TM 1-4

3. Kolom Penanda Muraja'ah

Kolom ini cara pengisiannya sama, namun digunakan saat anda me muraj'ah 1 halaman tersebut.

halaman untuk menghafal Al Qur'an dengan metode tikrar
Picture by www.tiportips.com


Saya yakin untuk melakukan cara menghafal Al Qur'an ini sekali duduk akan membutuhkan waktu yang lama. Saya yakin anda pasti punya kesibukan. Namun jangan khawatir. Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan tikrar per TM. Misal waktu pertama sampai TM1, waktu ke dua sampai TM2. Waktu ke tiga cuma TM 1-2. Waktu ke 4 sampai TM 3, Waktu ke 5 sampai TM 2-3. Waktu ke 6 cuma TM 1-3 dan seterusnya.  

Sampai juga pada bagian akhir. Yang jelas semudah apapun cara menghafal Al Qur'an, yang dibutuhkan adalah ke istiqamahan. Pesan buat anda para penghafal Al Qur'an, menghafal itu asik lho, tidak percaya? coba saja dan buktikan! Kalau tidak merasa asyik silahkan hubungi saya, akan saya beri voucher untuk produk saya Laisbal.

Saya yakin anda pasti banyak pertanyaan, silahkan chat saya di:
Line : Irpansah
BBM : 57BAD86

Semoga artikel cara mudah menghafal Al Qur'an dengan metode tikrar ini bermanfaat bagi anda. Mungkin anda tertarik juga untuk membaca artikel mengenai cara menghafal Al Qur'an Tanpa Menghafal. Terima kasih


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

2 comments

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2013. TiP or TiPS - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger | Template Edited by Irpansah