Skip to main content

Tips Cara Mengatasi Gigitan Tungau Pada Anak

Tips Cara Mengatasi Gigitan Tungau Pada Anak, menjaga anak-anak merupakan kewajiban tersendiri bagi para orang tua, namun terkadang anak-anak lepas dari pengawasan kita dan juga kita tidak dapat melindungi anak-anak seutuhnya. Salah satu contoh hal yang tidak dapat kita hindari adalah gigitan tungau pada anak kita. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi pada semua mengenai cara mengatasi gigitan tungau pada anak sehingga jika anak anda mengalaminya, anda sudah tahu cara mengatasinya.

Apakah anda pernah mengalami yang namanya digigit tungau? jika masa kecil anda dalam masa-masa tradisional dan sering bermain bersama teman-teman sejawat dengan cerianya di rerumputan, saya yakin anda akan menjawab iya. Karena memang habitat tungau adalah di daun-daun rerumputan.

Tungau biasanya berwarna merah, bertubuh kecil hanya sebesar butiran pasir dan tempat hidupnya biasa berada di daun-daun rerumputan. Tungau akan menempel pada orang yang tanpa sengaja menyentuh tempat tinggalnya dengan kata lain tungau akan menyerang dan menggigit orang yang biasa berada di rerumputan tidak terlepas itu anak-anak maupun orang dewasa.

Cara Mengatasi Gigitan Tungau Pada Anak Kecil
Picture by Google
Tungau biasanya akan menggigit pada area tertentu bisa di lipatan bagian belakang dengkul maupun di daerah mohon maaf "burung" bagi anak laki-laki. Pada orang dewasa biasanya gigitan tungau tidak sampai mengakibatkan bengkak, karena toksin dari tungau tidak cukup kuat sehingga hanya menyebabkan bentol seperti gigitan nyamuk dan akan berasa gatal.

Lain halnya pada anak-anak, toksin akibat gigitan tungau akan mengakibatkan bengkak kemerahan yang berasa gatal. Selain itu akan terasa perih jika terus-terusan digaruk akibat luka gores karena garukan. walaupun bengkaknya tidak sampai berlangsung lama, biasanya 3-4 hari namun saya yakin akan tetap mengganggu aktivitas buah hati kita.

Cara Mengatasi Gigitan Tungau


1. Padi
Untuk mengatasi gigitan tungau sebenarnya bisa kita lakukan dengan melepaskan secara paksa tungau tersebut dari tubuh kita. Sebagai alat bantu, anda bisa menggunakan padi. Caranya anda cukup berusaha mengorek tungau seperti anda mengorek bagian tubuh yang tertusuk atau kemasukan kayu kecil menggunakan ujung padi.

2. Tembakau
Jika dirasa menggunakan padi agak sulit dan membutuhkan waktu yang lama, anda bisa menggunakan cara lain yaitu menggunakan tembakau. Caranya cukup ambil sisa tembakau dari puntung rokok lalu teteskan sedikit air kemudian lumat menggunakan jari. Selanjutnya tempelkanlah tembakau tersebut di tempat tungau menggigit. Toksin dari tembakau akan membunuh tungau tersebut dengan cepat, Insya Allah besoknya bengka akibat gigitan tungau sudah kempes kembali.

Nah sobat sekalian, itulah cara mengatasi gigitan tungau. Semoga artikel "Tips Cara Mengatasi Gigitan Tungau Pada Anak" di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara menurunkan panas tinggi pada anak. Terima kasih atas kunjungan anda dan jagalah anak anda dari serangan gigitan tungau.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar