Skip to main content

Tips Cara Cepat Khatam Al Qur'an Dengan Metode ODOJ

Tips Cara Menghafal Al Qur'an Dengan Metode ODOJ, sudah pernah mendengar istilah OJOD? OJOD merupakan singkatan dari one day one juz. Metode membaca Al Qur'an ini sudah mulai populer saat ini. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai cara cepat khatam AL Qur'an dengan metode OJOD. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Dengan bermaksud menyinggung diri sendiri, ketika mendapatkan kesusahan atau kesulitan kita biasanya mendekatkan diri kepada Allah. Hari-hari dipenuhi dengan ibadah yang salah satunya adalah membaca Al Qur'an. Membaca Al Qur'an dilakukan sesering mungkin, membaca dengan tartil bahkan kadang disertai dengan air mata. Tapi setelah masalah atau musibah tersebut berlalu, kita mulai jarang membaca Al Qur'an. Semakin sibuk maka semakin jarang pula membaca Al Qur'an. Bahkan sampai pada suatu titik dimana setiap hari tanpa Al Qur'an. Bahkan Ustd Yusuf Mansur pernah berkata "Beruntung banget orang yang pada kena musibah, bisa merasakan manisnya deket sama Allah".

Memang tanpa kita sadari, kesibukan kita sehari-hari sering membuat kita lupa membaca Al Quran. Jangankan khatam, jangankan satu juz, membaca saja terasa berat, terasa tidak ada waktu, terasa tidak sempat. Untuk itu bagi anda yang merasa tidak punya waktu membaca Al Qur'an sebaiknya anda menggunakan cara cepat khatam Al Qur'an dengan Metode ODOJ berikut ini.


Cara Cepat Khatam AL Qur'an dengan Metode ODOJ


one day one juz
Picture by Google
Metode ODOJ ini merupakan metode One Day One Juz atau juga satu hari satu juz. Metode ini digunakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kembali kecintaan kita terhadap Al Qur'an. Membuat kita mau membuka kembali Al Qur'an kita yang telah usang karena telah lama ditinggalkan. Caranya cukup mudah, hanya menargetkan membaca Al Qur'an sebanyak satu hari satu juz. Dengan begitu maka dalam waktu satu bulan anda sudah bisa khatam Al Qur'an dengan cepat.

Tapi rasanya cukup berat ya, membaca Al Qur'an sendiri, mendisiplinkan diri sendiri, mengatur waktu untuk membaca Al Qur'an sendiri rasanya pasti berat. Butuh komitmen yang kuat, butuh semangat yang tinggi yang saya yakin jika dilakukan sendirian bagaikan mendaki jurang yang terjal. Untuk itu sebagai alternatif anda bisa mengikuti sebuah program yang bernama One Day One Juz.

One Day One Juz (ODOJ)


Program ini bisa anda ikuti melalui smartphone yang anda miliki yaitu melalui aplikasi bbm dan WhatsApp. Di sini saya bisa tersenyum karena bisa memanfaatkan smartphone yang saya miliki dengan aktivitas yang bermanfaat :). Pertama kali teman saya memperkenalkan komunitas ini saya langsung tertarik dan bilang I'm in karena ini merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kecintaan pada Al Qur'an.

Pengalaman saya mengikuti program ODOJ ini cukup menarik. Pertama join saya langsung terkesima dengan semboyan "Jangan menunggu waktu luang tapi luangkanlah waktu untuk membaca Al Qur'an". Program ini sendiri terdiri dari grup-grup yang terdiri dari 30 (tiga puluh) odojers atau member dalam tiap satu grup. Pertama bergabung kita akan disambut dengan hangat dan penuh rasa persaudaraan dan yang pasti dengan nuansa yang islami. :)

Aktivitas dari program ini sendiri adalah mengharuskan (bukan wajib) setiap anggota grup OJOD membaca Al Qur'an sebanyak satu hari satu juz. Dengan jumlah anggota 30 (tiga puluh) orang maka tiap grup akan khatam Al Qur'an dalam waktu satu hari. Jangan khawatir jika bacaan anda tidak lancar atau merasa belum bisa, karena bagi teman-teman yang belum mampu menyelesaikan satu juz dalam sehari maka akan ada backup dari teman yang lain (biasanya dikenal dengan istilah lelang) untuk menyelesaikan juz tersebut sehingga grup tersebut tetap akan khatam Al Qur'an dalam waktu satu hari. Dan yang paling menarik saat lelang juz maka setiap anggota berebutan untuk mendapatkan jatah lelang juz tersebut sehingga menambah semangat dalam membaca Al Qur'an.

Siapa saja anggota ODOJ? bisa siapa saja baik tua, muda, pria, dan wanita tapi pastinya dibedakan grup untuk odojers pria dan odojers wanita. Selain itu jangan terkejut jika anda menemukan ada artis yang mengikuti program ini bahkan pejabat juga ada, apakah mereka dibedakan. Jawabannya tidak, mereka juga arus membaca satu hari satu juz ayat Al Qur'an. Perlu diketahui, jumlah odojers hingga 21 Januari 2014 sudah mencapai 70 ribuan. Jangan ketiggalan ya. Untuk mendaftar jadi odojer silahkan langsung kunjungi onedayonejuz dot org. Semoga dengan bergabung bisa membuat kita lebih semangat dalam membaca Al Qur'an.

Nah sobat, itulah sekilas mengenai cara cepat khatam Al Qur'an dengan metode ODOJ. Semoga apa yang saya sampaikan melalui artikel tips cara cepat khatam Al Qur'an dengan metode ODOJ di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara mudah menghafal Al Qur'an tanpa menghafal. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga kita bisa selalu membaca Al Qur'an.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar