--> Skip to main content

Tips Cara Menghitung Lama Waktu Pengisian Baterai

Tips Cara Menghitung Lama Waktu Pengisian Baterai, kinerja sebuah handphone atau laptop sangat dipengaruhi oleh daya tahan baterainya. Oleh karena itu banyak orang berusaha untuk menjaga baterai yang dimilikinya agar tidak cepat rusak, salah satunya adalah dengan memperhatikan lama waktu pengisian baterai. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai tips cara menghitung lama waktu pengisian baterai. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

Ketika membeli smartphone atau laptop baru tentu anda akan merasa kebingungan mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai. Terlebih lagi untuk smartphone yang memang dikenal mengkonsumsi banyak daya sehingga lama pengisian baterai harus diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga daya tahan baterai karena baterai yang di charge terlalu singkat atau terlalu lama dapat memberikan efek kerusakan baterai. Kalau terlalu singkat dapat membuat cell-cell baterai tidak terisi sepenuhnya, akibatnya lama-kalamaan kapasitas baterai berkurang sedangkan kalau terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan dan kehamilan pada baterai.

Untuk mengetahui apakah baterai yang anda charge sudah terisi penuh atau belum sebenarnya bisa anda lakukan menggunakan multi meter. Bila angka tegangannya sudah mencapai angka maksimum berarti baterainya sudah penuh, untuk baterai hp 5V dan Laptop 19V tapi kadang berbeda sesuai pabrikan. Namun terkadang tidak semua orang memiliki multi meter, untuk itu anda bisa menggunakan cara menghitung lama waktu pengisian baterai berikut ini.

Cara Menghitung Lama Waktu Pengisian Baterai

menghitung lama waktu pengisian baterai
Picture by Google

Perlu Diketahui:
1. Ah = Ampere hour
2. mAh = mili Ampere hour
3. 1 Ah = 1000 mAh

Rumus Lama Waktu Pengisian Baterai:

Kapasitas Baterai (mAh) = Kapasitas Charger (mA) x Waktu Pengisian (h)
sehingga:
Lama waktu pengisian (h) = kapasitas baterai (mAh) / kapasitas charger (mA)

Study Kasus:
1. Saya mempunyai smartphone dengan baterai 2460 mAh, pada charger tertera output 0.85 A. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai?

Jawab :
2460 mAh = 2.46 Ah
Lama waktu pengisian baterai = 2.46 Ah / 0.85 A = 2.89 h
                                            = 2.89 x 60 menit = 173.4 menit 
                                            = atau 2 jam 53.4 menit

2. Sebuah handphone memiliki baterai berkapasitas 1800 mAh. Pada charger tertulis output sebesar 900 mA. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai tersebut?

Jawab:
Lama waktu pengisian baterai = 1800 mAh / 900 mA = 2 h

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghitung lama waktu pengisian baterai. Semoga informasi yang saya sampaikan melalui artikel Tips Cara Menghitung Lama Waktu Pengisian Baterai di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara membuat wifi laptop jadi hotspot. Terima kasih atas kunjungan anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar