--> Skip to main content

Perbedaan Gejala Malaria Ringan Dan Akut

Perbedaan Gejala Malaria Ringan Dan Akut, Penyakit malaria merupakan penyakit yang ditularkan melalui nyamuk jenis Anopheles. Parasit plasmodimum yang dibawa oleh nyamuk Anopheles menyebar melalui gigitan lalu kemudian disebarkan ke seluruh peredaran darah. Penyakit ini paling banyak terjadi di negara Afrika dan korbannya kebanyakan anak-anak. Gejala malaria yang secara umum sering terjadi adalah badan teras meriang dan diikuti dengan demam yang tinggi selama kurun waktu empat sampai enam jam. 

perbadaan gejala malaria ringan dan akut yang harus kita ketahui
Picture by Google
Pada beberapa kasus, gejala malaria hampir sama seperti gejala yang timbul pada penyakit tifus dan demam berdarah. Untuk itu harus dilakukan serangkaian tes laboratorium untuk mengetahui dengan pasti mengenai adanya infeksi plasmodium di dalam darah. Biasanya penyakit malaria ditandai dengan memutihnya warna retina mata. Jenis penyakit malaria ini terbagi menjadi empat yakni plasmodium vivax dan oval yang ditandai dengan demam yang berlangsung dua hari sekali, plasmodium malariae ditandai dengan demam selama tiga hari sekali, dan plasmodium falciparum yang ditandai dengan adanya demam yang berlangsung selama beberapa jam secara berulang. 

Gejala malaria ringan (plasmodium vivax, plasmodium ovale, serta plasmodium malariae) dibagi menjadi 2 yakni : 

1. Gejala pada anak-anak Gejala pada anak-anak biasanya ditandai dengan demam panas dingin, lesu dan lemas, muntah, serta nyeri otot.
2. Gejala pada orang dewasa Gejala pada orang dewasa biasanya ditandai dengan batuk, demam yang disertai kejang, serta pernafasan yang dangkal/cepat.

Untuk malaria akut (plasmodium falciparum) juga dibagi menjadi 2 yaitu: 

1. Gejala pada anak-anak Gejala pada anak-anak biasanya ditandai dengan kejang-kejang, koma, serta napas menjadi pendek.
2. Gejala pada orang dewasa Gejala pada orang dewasa biasanya ditandai dengan demam tinggi, kejang, pendarahan, bahkan koma.

Gejala malaria berbeda-beda tergantung jenis parasit yang menginfeksinya. Hampir seluruh penyakit malaria yang mengarah ke kematian biasanya disebabkan oleh plasmodium palcifarum. Penyakit malaria akut ini jika tidak dilakukan penanganan yang baik, dapat menyebabkan kematian dalam kurun waktu hitungan hari bahkan hitungan jam. 

Nah sobat sekalian, itulah beberapa informasi mengenai perbedaan gejala malaria ringan dan akut yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai mengenal berbagai obat demam berdara tradisional. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah menjaga integritas dalam setiap keadaan. Kami tunggu kunjungan anda berikutnya, salam sukses dan see you.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar