Skip to main content

Bahaya Kanker Serviks Dan Cara Pencegahannya

Bahaya Kanker Serviks Dan Cara Pencegahannya, Kanker Serviks adalah sejenis penyakit kanker ganas yang terbentuk di dalam organ penghubung antara uterus dengan vagina atau yang sering disebut dengan jaringan serviks. Kanker serviks memiliki beberapa jenis. Jenis yang paling banyak dikenal adalah squamous cell carcinoma (SCC). Jenis ini biasanya disebabkan adanya infeksi Human papilloma Virus (HPV) sebagai faktor pemicu utamanya. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Penyakit ini menyerang bagian reproduksi kaum wanita, dalam hal ini menyerang daerah leher rahim/ pintu masuk ke daerah sekitar rahim yakni bagian sempit di antara vagina dan rahim. 

Bahaya kanker serviks dan cara mengatasinya
Picture by Google
Virus human papilloma ini sangat mudah sekali berpindah dan menyebar, tak hanya lewat cairan namun juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu penggunaan WC umum yang di gunakan secara bergantian menjadi salah satu media penularan virus ini jika pengguna sebelumnya terinfeksi virus tersebut. Beberapa kebiasaan hidup yang tidak terlalu baik juga dapat memicu timbulnya penyakit kanker serviks seperti merokok, kurangnya asam float, serta kurangnya asupan vitamin E dan vitamin C. 

Ciri-ciri penderita kanker serviks diantaranya adalah : 

1. Ketika melakukan hubungan seksual sering merasakan rasa sakit, bahkan terkadang disertai pendarahan. 

2. Adanya rasa sakit di daerah sekitar pinggul. 

3. Mengalami keputihan yang berkepanjangan serta tidak normal, bahkan disertai dengan adanya darah. 

4. Mengalami rasa sakit saat buang air kecil. 

5. Pada saat haid jumlah darah yang dikeluarkan berlebihan. 

6. Untuk yang sudah stadium lanjut, biasanya mengalami rasa sakit di daerah paha, berat badan tidak menentu, nafsu makan berkurang, serta mengalami pendarahan.

Maka dari itu, ketika anda sudah terdeteksi menderita kanker serviks, ada beberapa cara pengobatan yang bisa anda lakukan. Untuk stadium awal, biasanya pengobatan dilakukan dengan cara menghilangkan kanker tersebut dengan cara melakukan pembedahan, baik secara laser, listrik, maupun dengan pembekuan serta pembuangan jaringan kanker tersebut. Untuk golongan stadium lanjut biasanya dilakukan dengan cara kemoterapi dan radioterapi. 

Nah sobat sekalian, itulah sedikit informasi mengenai bahaya kanker serviks dan cara pencegahannya. Semoga informasi yang saya sampaikan melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai mengenali gejala dan faktor penyebab kanker payudara. Terima kasih atas kunjungan anda, selalulah berpikiran positif dan kami tunggu kunjungan anda berikutnya. See you dan salam sukses.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar