Skip to main content

Tips: Bahaya Penyakit Kanker Hati

Tips: Bahaya Penyakit Kanker Hati, Hati adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh. Hati mampu menghasilkan cairan berupa empedu yang difungsikan sebagai pencerna lemak, sebagai pengaktif lipase, membantu sistem absorpsi lemak pada usus, serta mampu mengubah zat-zat yang tak larut dalam air menjadi zat-zat yang larut di dalam air. Ketika saluran empedu mengalami penyumbatan, maka yang terjadi adalah empedu masuk ke dalam darah dan menyebabkan kulit menjadi berwarna kekuningan. Jika sudah demikian maka, seseorang tersebut biasanya disebut menderita penyakit kuning yang jika tidak segera diobati bisa memicu terjadinya kanker hati

Kanker hati adalah kanker yang berasal dari sel hati (kanker hati primer), namun kanker hati juga bisa disebabkan sebagai akibat dari adanya penyakit lain atau yang disebut kanker hati sekunder. Sampai saat ini masih belum jelas mengenai apa sebenarnya penyebab penyakit ini sendiri. Untuk beberapa kasus, penyebabnya diidentifikasi sebagai infeksi kronis dari virus hepatitis tertentu. Penyakit ini bisa terjadi jika sel DNA hati mengalami mutasi. Hal ini mengakibatkan sel tetap berkembang dan tumbuh, sementara sel yang normal memiliki siklus hidup dan mati. Dari akumulasi jumlah sel-sel ini bisa mengakibatkan tumor yang sangat ganas. 

Tips bahaya anker hati yang harus diwaspadai
Picture by Google

Beberapa gejala kanker hati yang umum terjadi antara lain : 

• Penurunan nafsu makan 
• Penurunan berat badan 
• Mual dan muntah-muntah 
• Sakit di sekitar perut bagian atas 
• Mudah lelah dan terasa lemah 
• Bengkak di sekitar perut 
• Perubahan ukuran hati 
• Kulit dan mata berubah menjadi kekuningan 

Salah catu upaya pencegahan terhadap penyakit kanker hati adalah dengan melakukan vaksin terhadap virus hepatitis. Selain itu juga bisa dicegah dengan cara mengetahui kesehatan pasangan sebelum melakukan hubungan badan, menggunakan jarum suntik yang steril ketika menyuntikkan obat, menghindari konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung zat karsinogen seperti alkohol, menghindari daging yang berlemak dan lemak hewani, menghindari kacang dan gandum yang mengandung jamur, serta rutin memeriksa kesehatan diri sendiri. 

Nah sobat sekalian, itulah sedikit informasi mengenai bahaya penyakit kanker hati. Semoga informasi yang saya sampaikan melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai tips deteksi kanker otak sejak dini. Terima kasih atas kunjungan anda. Selamat beraktivitas dan salam sukses.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar