Skip to main content

Tips Sehat Menghindari Penyakit Kaki Gajah

Tips Sehat Menghindari Penyakit Kaki Gajah, Penyakit kaki gajah atau biasa disebut dengan filariasis adalah sejenis penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria yang disebarkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini dapat ditularkan oleh kurang lebih 23 jenis nyamuk seperti nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes dan Armigeres sehingga potensi penularannya sangat cepat dari satu penderita kepada calon penderita selanjutnya. Selain penularan yang sangat cepat, penyakit kronis satu ini akan sangat merugikan bagi penderitanya. Sekali terkena penyakit ini maka bekas bengkaknya tidak dapat hilang bahkan jika tidak ditangani dengan serius mampu menyebabkan cacat. 

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penderita kaki gajah diantaranya seperti demam yang tak kunjung sembuh selama 3-5 hari, demam tersebut hilang ketika istirahat dan muncul kembali setelah melakukan pekerjaan berat, gejala yang kedua yakni pembengkakan kelenjar getah bening pada lipatan paha, ketiak yang berwarna kemerahan, panas dan sakit, selain itu terjadi radang pada saluran getah bening sehingga terasa panas mulai dari kaki sampai dengan lengan yang kemudian dilanjutkan dengan pembesaran seperti gajah pada kaki, tungkai, lengan, buah dada, buah zakar. Jika keadaan sudah kronis maka pembengkakan yang terjadi akan menjadi permanen dan sangat mengganggu penampilan serta berbagai aktifitas penderitanya bahkan dapat menyebabkan cacat. 

cara menghindari penyakit kaki gajah
Picture by Google
 
Setelah mengetahui gejala penyakit kaki gajah tersebut, langkah yang harus anda lakukan adalah segera memeriksakan diri kepada dokter agar segera mendapatkan pertolongan. Sebagai tes awal, biasanya akan di diagnosis terlebih dahulu sel darah sang penderita, apabila positif terdapat microfilaria dalam darah penderita maka biasanya penderita akan diberi obat untuk memutus tali peredaran larva mikrofiloria menyebar ke seluruh tubuh. Pemberian obat akan dilakukan secara terus menerus karena cacing baru akan mati setelah pengobatan lebih dari 5 tahun. 

Akan tetapi, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menghindari terjangkit penyakit berbahaya tersebut antara lain dengan menghindari gigitan nyamuk biasa anda lakukan dengan memasang kelambu pada tempat tidur, memakai obat nyamuk, kemudian membersihkan rawa-rawa dan berbagai tempat yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk, melakukan penyemprotan pembasmian nyamuk dewasa, mengikuti pengobatan masal penyakit kaki gajah dari puskesmas dan memeriksakan diri kepada dokter secara berkala. Dengan melakukan beberapa cara tersebut maka anda dapat menghindari diri anda sendiri maupun keluarga anda dari ancaman penyakit berbahaya, kaki gajah tersebut. 

Nah sobat sekalian, itulah sedikit banyak informasi mengenai tips sehat menghindari penyakit kaki gajah. Semoga informasi yang saya sampaikan melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga informasi bermanfaat lainnya mengenai tips bahaya penyakit kanker hati. Terima kasih atas kunjungan anda semua dan selamat beraktivitas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar