Skip to main content

Indahnya Copy Paste Yang Halal dan Adab-adabnya

Tiportips.com - Melakukan copy paste dan mendapatkan artikel dengan mudah tentu sangat indah. Namun tahukah anda dibalik itu ada orang-orang yang dirugikan yaitu para penulis yang menulis artikel nya dengan susah payah namun di curi dalam waktu sekejap mata. Dan tahukah anda kalau ada hal yang lebih indah. Yaitu copy paste yang halal. Jika anda melakukan copy paste yang halal ini maka orang dengan sukarela mengijinkan anda untuk meng copy paste artikel miliknya.

Sekedar wejangan sedikit, copy paste itu memang indah. Namun ketahuilah blog yang dibangun dengan artikel copy paste tidak akan memiliki kebanggaan di dalamnya. Selain itu blog kita tentunya akan sulit bangkit karena tidak ada orisinalitas pada setiap artikelnya. Saya sempat juga mendapatkan pengalaman copy paste ini namun sedikit lucu, silahkan baca artikel saya mengenai pengalaman  lucu artikel di copy paste.

adab-adab copy paste agar mendapat izin
Picture by Google

Dalam copy paste sebenarnya ada adab-adab yang harus dipenuhi sehingga dapat membuat copy paste yang tadinya haram menjadi halal. Apa saja ada-adab dalam copy paste yang halal?

Adab-adab copy paste yang halal:

1. Minta Izin
Sebelum mengcopy paste, mintalah izin kepada sang pemilik artikel. 
Cukup melakukan hal yang simpel ini maka copy paste yang anda lakukan akan menjadi halal. Jika tidak mendapatkan izin maka carilah artikel lain. Masa dari 100 artikel yang anda mintakan izin nya tidak ada satu pun yang memberikan izin.

2. Penghormatan
Setelah meminta izin, sampaikan juga selain anda meng copy paste, anda juga akan menambahkan link sumber pada artikel tersebut. Berilah sedikit pujian mengenai artikel itu dan sampaikan bahwa anda sangat menghargai penulis tersebut. Siapa sih yang tidak mau di puji dan di hargai.

3. Link Sumber
Terakhir setelah anda copy paste artikel tersebut maka cantumkan lah link sumber ke blog pemilik asli artikel tersebut. Dengan menambahkan link sumber maka tidak ada yang dirugikan karena anda mendapatkan artikel gratis sedangkan sang pemilik juga akan mendapatkan backlink gratis. 

Dengan melakukan adab-adab copy paste tersebut maka tidak akan ada yang dirugikan dan aktivitas copy paste yang anda lakukan akan menjadi halal. Namun sebagai catatan, dengan menulis artikel ini bukan berarti saya mendukung aktivitas copy paste. Buatlah karya anda sendiri dan tinggal jejak hidup anda melalui tulisan anda.

Baca juga : Tips cara mencegah copy paste di blogger.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar